Rabu, 17 Juni 2009

Indahnya Berbahasa Indonesia

Assalamu'alaikum.., Lama tidak mengunjungi blog ini hehe (sok sibuk bet)

Ada artikel menarik nih, tapi publikasi ulang dari sini
Silakan disimak, kalau perlu sambil ngemil juga boleh.


INDONESIA : Kementerian Hukum dan HAM
MALAYSIA : Kementerian Tuduh Menuduh

INDONESIA : Kementerian Agama
MALAYSIA : Kementerian Tak Berdosa (oh please...)

INDONESIA : Angkatan Darat
MALAYSIA : Laskar Hentak-Hentak Bumi

INDONESIA : Angkatan Udara
MALAYSIA : Laskar Angin-Angin

INDONESIA : Pasukan bubar jalan !!!
MALAYSIA : Pasukan cerai berai !!!

INDONESIA : Merayap
MALAYSIA : Bersetubuh dengan bumi

INDONESIA: rumah sakit bersalin
MALAYSIA: hospital korban lelaki (bener jg sih...)

INDONESIA : telepon selular
MALAYSIA: talipon bimbit

INDONESIA : Pasukan terjung payung
MALAYSIA : Aska begayut

INDONESIA : belok kiri, belok kanan
MALAYSIA : pusing kiri, pusing kanan

INDONESIA : Departemen Pertanian
MALAYSIA : Departemen Cucuk Tanam

INDONESIA : 6.30 = jam setengah tujuh
MALAYSIA : 6.30 = jam enam setengah

INDONESIA : gratis ngobrol 30menit
MALAYSIA : percuma berbual 30minit

INDONESIA: tidak bisa
MALAYSIA: tak boleh

INDONESIA: WC
MALAYSIA: tandas

INDONESIA: Satpam
MALAYSIA: Penunggu Maling

INDONESIA: Aduk
MALAYSIA : Kacau

INDONESIA: Di aduk hingga merata
MALAYSIA : kacaukan tuk datar

INDONESIA : 7 putaran
MALAYSIA : 7 pusingan

INDONESIA : Imut-imut
MALAYSIA : Comel benar

INDONESIA : pejabat negara
MALAYSIA : kaki tangan negara

INDONESIA :bertengkar
MALAYSIA : bertumbuk

INDONESIA : pemerkosaan
MALAYSIA : perogolan

INDONESIA : Pencopet
MALAYSIA : Penyeluk Saku

INDONESIA : joystick
MALAYSIA : batang senang

INDONESIA : Tidur siang
MALAYSIA: Petang telentang

INDONESIA : Air Hangat
MALAYSIA : Air Suam

INDONESIA : Terasi
MALAYSIA : Belacan

INDONESIA : Pengacara
MALAYSIA : Penguam

INDONESIA : Sepatu
MALAYSIA : Kasut

INDONESIA : Ban
MALAYSIA : Tayar (diambil dari cara baca tulisan Tyre dalam english)

INDONESIA : remote
MALAYSIA : kawalan jauh

INDONESIA : kulkas
MALAYSIA : peti sejuk

INDONESIA : chatting
MALAYSIA : bilik berbual

INDONESIA : rusak
MALAYSIA : tak sihat

INDONESIA : keliling kota
MALAYSIA : pusing pusing ke bandar

INDONESIA : Tank
MALAYSIA : Kereta kebal

INDONESIA : Kedatangan
MALAYSIA : ketibaan

INDONESIA : bersenang-senang
MALAYSIA : berseronok

INDONESIA : bioskop
MALAYSIA : panggung wayang

INDONESIA : rumah sakit jiwa
MALAYSIA : gubuk gila

INDONESIA : dokter ahli jiwa
MALAYSIA : Dokter gila

INDONESIA : narkoba
MALAYSIA : dadah

INDONESIA : pintu darurat
MALAYSIA : Pintu kecemasan

INDONESIA : hantu Pocong
MALAYSIA : hantu Bungkus

INDONESIA : udang basah
MALAYSIA : udang hidup

INDONESIA : cabe basah
MALAYSIA : cili hidup

INDONESIA : ruang gawat darurat (UGD)
MALAYSIA : bilik cemas

INDONESIA : pembunuh
MALAYSIA : penjenayah

INDONESIA : Purnawirawan militer
MALAYSIA : Pasukan tak berguna

INDONESIA : menteri kehutanan
MALAYSIA:menteri semak belukar

INDONESIA : Pasukan bubar jalan !!!
MALAYSIA : Pasukan cerai berai !!!

INDONESIA: toilet
MALAYSIA:bilik termenung

INDONESIA : buldozer
MALAYSIA : setrika bumi

INDONESIA : penghapus
MALAYSIA : pemadam

INDONESIA : Imut-imut
MALAYSIA : Comel benar

INDONESIA : pejabat negara
MALAYSIA : kaki tangan negara

INDONESIA : Pemabuk
MALAYSIA : Kaki Botol

INDONESIA : sabuk pengaman di pesawat
MALAYSIA :tali keledar


Mari Bersyukur karena kita berbahasa INDONESIA
Ehm, tapi apa istilah-istilah kita juga tidak "aneh" di telinga mereka?

Rabu, 25 Maret 2009

Dukung Kampanye Earth Hour 2009, Selamatkan Bumi :)

Start:     Mar 28, '09 8:30p
End:     Mar 28, '09 9:30p
Location:     Wherever you live on OUR planet : THE EARTH
Mari kita mematikan lampu selama 1 Jam pada 28 Maret 2009 pukul 20.30 s.d. 21.30 waktu setempat.

Satukan Langkah untuk Bumi yang Lebih Baik

Selasa, 17 Maret 2009

Sisi Lain dari Dosen

Dosen itu sebenarnya profesi yang tidak jauh berbeda dengan guru, sama-sama mentransfer ilmu yang dimilikinya. Dosen dan guru sama-sama harus menilai mahasiswa. Namun, ada perbedaan yang menarik untuk ditelusuri lebih jauh, yakni seberapa besar pengaruh sang dosen di luar mata ajarannya.

Dosen biasanya hanya terpaku pada mata ajaran yang dia sampaikan dan kadangkala tidak memerhatikan sisi lain dari mata ajaran tersebut. Nah, di sinilah saya temukan sisi lain dari dosen saya. Mungkin tidak berlebihan bahwa beliau adalah dosen favorit saya selama kuliah di ilmu komputer ini. Kenapa? karena beliau seringkali menggugah, menginspirasi dan menyemangati mahasiswa yang ikut kelas mata ajarannya untuk selalu berusaha mencapai hasil belajar yang terbaik dalam setiap keadaan. Beliau sendiri tidak menyampaikannya secara langsung, tetapi melalui analogi. Beliau bukan pula dosen mata ajaran agama, tetapi saya tidak menyangsikan kedalaman ilmu agamanya.

Salah satu yang membuat saya benar-benar tergugah adalah ketika beliau menyampaikan suatu kalimat berikut : "Di dunia ini, ketika kalian beribadah, kalian boleh bersama-sama. Namun, berbeda ketika  dihisab dan ditimbang amalannya, kalian harus sendirian di akhirat. Kelak jika kalian banyak beramal kebajikan, timbangan kalian tentu akan lebih banyak ke kanan dan itu bermakna surga bagi kalian . Sama halnya ketika kalian belajar mata kuliah ini, kalian boleh bersama-sama. Namun, ketika ujian, kalian harus berusaha sendirian. Apa yang kalian capai adalah hasil dari jerih payah kalian karena semakin rajin belajar, kemungkinan besar sekali untuk nilai bagus menanti kalian dan nilai yang terbaik adalah nilai yang diperoleh dengan kejujuran (amal baik) bukan kecurangan (amal buruk)."

Hmm, Ibu dosen...
Andai engaku yang jadi ibuku...
Bersyukurlah engkau yang menjadi buah hatinya

~terima kasih pada mas tata

Kereta yang Merana (Bagian 1)


Kereta Listrik (KL), siapa sih yang belum pernah mendengarnya?. Kecuali orang yang tinggal nun jauh di daerah pedalaman sana, pasti minimal sekali saja warga Jabodetabek merasakan suka-duka naik kereta listrik  (Jadi ingat Prinsip Sarang Merpati yang bahasa sononya Pigeonhole Principle , eh tapi bener gak ya?).

Sayangnya, keberadaan KL itu seringkali harus terusik ulah tangan-tangan jahil orang yang tidak bertanggungjawab dan tidak punya rasa memiliki. Tak jarang kita lihat pintu-pintu kereta kelas ekonomi yang tidak bisa ditutup karena diganjal atau justru ditutup sekaligus diganjal untuk mencegah orang masuk ke gerbong dan memenuhi ruangan kabin kereta -yang memang selalu penuh, setiap kali jadwal berangkat pagi hari dari Bogor dan sore hari ke arah Bogor. Selain itu, orang-orang yang ingin naik Kl, namun tidak memperoleh tempat di dalam gerbong, akhirnya memaksakan diri naik di atap kereta atau bahkan di persambungan antarset kereta - tentu saja ini sangat berbahaya dan mengancam nyawa mereka. Namun, saya tidak habis pikir, kenapa kondisi moda tranportasi KL selalu seperti itu? Sulitkah mengubahnya menjadi transportasi yang nyaman namun murah dan terjangkau, serta dengan tingkat keamanan yang dapat dipertanggungjawabkan (baca : tidak ada atau sedikit pencopet)?.

KL listrik, khususnya ekonomi, memang ibarat dibuang sayang. Sama sekali tidak ada kepedulian dari pemerinatah dan pihak lain yang terkait mengenai pentingnya pengembangan moda tranportasi massal ini untuk masa depan. Padahal inilah moda transportasi yang paling diminati masyarakat commuter: Jabodetabek.

~ngeblog saat besok harus nyiapin tugas praktik
~begitu sempitnya waktu... (apa sayanya yang masih d*d*l dalam mengatur waktu???)

Jumat, 23 Januari 2009

Jika Anda... (Sebuah Cermin Untuk Kita)



Jika anda tinggal di rumah yang baik, memiliki cukup makanan dan
dapat  membaca ...  anda adalah bagian dari kelompok terpilih.

Jika anda bangun pagi ini dan merasa sehat ..
anda lebih beruntung dari jutaan orang yang mungkin tidak akan
dapat  bertahan hidup minggu ini.

Jika anda tidak pernah merasakan bahaya perang, kesepian karena
dipenjara,  kesakitan karena penyiksanaan, atau kelaparan ..
anda berada selangkah lebih maju dibandingkan ratusan juta orang di
dunia.

Jika anda dapat menghadiri pertemuan politik atau keagamaan tanpa
Merasa takut akan dilecehkan, ditangkap, disiksa, atau mati ..
anda beruntung, karena  miliaran orang di dunia mungkin tidak
dapat melakukannya.

Jika anda memiliki makanan di lemari pendingin, baju-baju di
lemari pakaian, dan memiliki atap yang menaungi tempat anda beristirahat ...
anda lebih kaya dari dua pertiga penduduk di dunia ini.

Jika anda memiliki uang di bank, di dompet, dan mampu
membelanjakan  sebagian  uang untuk menikmati hidangan di restoran ...
anda merupakan anggota dari segelintir kelompok orang kaya di dunia.

Jika orang tua anda masih hidup dan menikmati kebahagiaan kehidupan
pernikahan mereka
...
maka anda termasuk salah satu dari kelompok orang yang
dikategorikan langka.

Jika anda mampu menegakkan kepala dengan senyuman dibibir dan
merasa  benar-benar bahagia ...
anda memiliki keistimewaan tersendiri, karena sebagian besar orang
tidak  memperoleh kenikmatan tersebut.

Jika anda dapat membaca pesan ini......
anda baru saja menerima karunia ganda, karena seseorang memikirkan
anda, dan anda jauh lebih beruntung dibandingkan lebih dari miliaran orang yang tidak dapat membaca sama sekali

Semoga anda menikmati hari yang indah ini.
Hitunglah karunia keberuntungan anda, dan sampaikan hal ini kepada
orang lain untuk mengingatkan bahwa sebenarnya, kita adalah orang-orang
yang sangat beruntung.

Dengan bersyukur, anda akan lebih menikmati hidup yang hanya
sebentar ini.

[Bilik Perenungan, 18 September 2007]

Rabu, 21 Januari 2009

Chatting Aneh Lewat SMS :D

Kejadian ini gara-gara sms tersasar yang masuk ke ponsel saya.

Berikut kronologisnya (chatting dgn 'bahasa' sms tentunya) :

Rabu, 21 Januari 2009, Pukul  20.35.25
0856xxxxxx (si pengirim) : Thia.. dah lama yh qt gak sms an soal 'ny hp w kmren nyemplvk d got jd rvsk 'n smva kontk w d apvs tp w mash ingt smr2 nmr lo bnerkan ne no lo? From ALEXA

Rabu, 21 Januari 2009, Pukul  20.49.37
0857xxxxxxxx(si penerima) : Karena bingung jadi salah paham, kebetulan saya memang punya seorang teman di TPB IPB yang bernama Tia Irmayanti (panggilannya juga Thia) yang sekarang udah nikah. Saya agak kaget juga nerima sms ini, ngapain juga dia sms saya, wong dia dah punya misua, hehe. Lalu saya balas begini : 

Thia? Mmm tmn sy yg di TPB IPB? Yg suka pake baju ijo2? Oh ya ya, sy msh inget? Apa kabar? Katanya udah nikah ya? Wah taya kabarna? Hehe.
(Kayaknya kebanyakan tanda ?, hehe )


Rabu, 21 Januari 2009, Pukul  20.54.55
0856 :Hei lo thia kan dh nikah? Bknnya msh skvll di SMA 1 kls 3-ipa? Umh jgn gw yg slh smbvng dvh sorry yach...


Rabu, 21 Januari 2009, Pukul 21.10.28
0857 : Lho, lho, lho? Ternyata nih orang beneran salah kirim, Lha temen saya thia itu kan ank Fapet IPB? Tapi karena dah telanjur sms-an,lantas saya balas begini :

Haha gpp. Gw ni cowok. GW kira lo itu yg thia. Sori jg gw salah ngerti smsnya. Btw lo sma mana? Sma 1 bogor? Gw alumni situ, angkatan 2005.


Rabu, 21 Januari 2009, Pukul  21.14.40
0856 : Bkn, gw SMA 1 d BANJARMASIN


Rabu, 21 Januari 2009, Pukul  21.15.23
0857 : Semakin heran nih . Sms lagi untuk yang terakhir kalinya, hehehe... : Waduh jauh bener. hehe .Yaudah salam kenal aja.


Rabu, 21 Januari 2009, Pukul  21.26.23
0856 :  Ternyata masih dibalas juga : Sama2


Chatting berakhir di sini...

Hmm, baru kali ini sms-chat dengan orang yang tak dikenal. hahaha . Perempuan pula (eh, tapi tahu dari mana orang yang sms itu perempuan, perasaan dy gak bilang. Jangan-jangan yang sms itu cowoknya si orang bernama "Thia" yang dia maksud untuk menerima sms-sms ini. Tapi ternyata salah kirim. Cape dehhh... ).

Hikmah : Berfikirlah dulu sebelum bertindak (sotoy mode : ON)

Senin, 19 Januari 2009

August Rush

Rating:★★★★
Category:Movies
Genre: Drama
Ini kisah tentang seorang anak yang lahir dari rahim ibu yang bertalenta luar biasa dalam musik, demikian juga ayahnya. Sayangnya, cobaan hidup menerpanya ketika kecil ia tidak bisa tinggal dengan kedua orang tuanya itu.